CAMPUHAN RIDGE WALK, UBUD



Tujuan utama saya ke Bali adalah ke Bukit Campuhan. Alasan saya menabung gila-gilaan dan menghamburkan uang adalah demi ke sini. Ada apakah di Bukit Campuhan ini? Saya pun penasaran.
Berangkat dari hotel pagi-pagi sekali karena perjalanan menuju Ubud kurang lebih 1,5 jam. Jalanan masih sepi karena masih pagi. Kota Denpasar pun belum begitu ramai. Sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan rumah-rumah adat Bali lengkap dengan pura-pura kecilnya. Pura-pura besar pun banyak ditemui di pinggir-pinggir jalan. Nggak ada bosannya lihat pemandangan kayak gini.


Jalannya agak naik menandakan kita sudah sampai di Ubud. Jalannya teduh dengan pepohonan rapat di kanan-kiri jalan. Hotel Warwick terletak di pinggir jalan. Ini yang kita cari. Di sebelah hotel terdapat jalan kecil menurun yang menuju ke sebuah pura. Motor kita parkir di SMK yang terletak di atas pura. Parkir penuh dengan motor siswa SMK tersebut. Kenapa belum libur ini siswa-siswanya? Dari sini kita jalan kaki menuju jembatan kecil di bawah jembatan besar yang menuju pura. Sungai di bawah jembatan terlihat dalam dan dipenuhi batu-batu super besar, membelah aliran sungai yang sangat deras. Di atas jembatan juga banyak pohon. Disini rasanya adem…



Dari sini kita menyusuri dinding pura menuju bagian belakang pura. Dan sampailah di trek yang dikenal dengan nama Campuhan Ridge Walk. Sudah melihat video bagaimana bentuk jalannya, bukannya merasa biasa atau bagaimana, yang ada malah excited. Oh My God, I’m hereeeeeee….
Disini sepi, hanya ada saya, travelmate, dikelilingi pohon dan rumput hijau. Jalan sebentar kita bertemu pasangan bule muda yang pulang jogging. Dengan ramah kami saling menyapa. Lanjut jalan lagi dengan trek yang agak menanjak, kita sampai di bukit dengan jalan ber-konblok yang sering kita lihat di instagram itu. Ah inilah Campuhan Ridge Walk. Jalan kecil di bukit yang hijau gini aja bikin bikin saya jatuh cinta. Ahhh… alam selalu bikin bikin jatuh cinta.



Di sini kita semakin sering berpapasan dengan beberapa orang yang sedang berolahraga. Ada 2 cewek Indonesia sedang sepedaan, mbak-mbak bule jogging sendirian sambil dengerin musik. Ada anjing juga lari-lari pelan agak mepet di pinggir rumput. Eh kok hanya kita yang jalan-jalan santai pakai baju main bawa kamera gini ya? Hahaha… eh tunggu, ternyata ada 2 cewek lokal yang Cuma duduk-duduk doang ngobrol sambil foto-foto. Lumayan kita lah ya sambil jalan-jalan gini. Ada geraknya dikit gitu haha… Waktu ke pinggir mau lihat ada apaan dengan jurang di bawah, eh ternyata ada yang lagi mojok pacaran di balik rumput panjang kalanjana ini. Duh please deh, ada banyak bule lewat lho, merusak citra nih mereka, huuuu….


Jadi, Campuhan Ridge Walk ini adalah jalan lurus di atas bukit Campuhan ini. Kanan-kiri bukit adalah jurang dan di seberang kiri jurang penuh dengan hotel-hotel yang terlihat kecil. Karena masih pagi dan bukan weekend, meskipun masa liburan, suasana masih sepi. Dari arah manapun memandang hanya terlihat hijau…. Dan langit biru cerah….. ah daamai sekali. Yang seperti ini tempat favoritku maen.

Add caption

Selama ini foto-foto di instagram hanya memperlihatkan sampai di ujung palem saja. Ada apa setelah pohon palem ya? Di sebelah sini tidak langsung berhadapan dengan jurang. Kanan dan kiri bukit diapit oleh pepohonan besar yang membuat suasana menjadi teduh. Ada sebuah pohon diberi ayunan, menghadap ke jurang sehingga bisa melihat pemandangan bukit di seberang. Di ujung pepohonan ini ada ada rumah di kanan jalan dan pura kecil di kiri jalan. Sepertinya sudah masuk perkampungan. Dan jalan ini masih terus berlanjut entah sampai mana. Kita putuskan untuk sampai disini saja. Karena masih banyak tempat wisata lain yang menanti. Sampai ketemu lagi Campuhan Ridge Walk, besok pas saya menginap di salah satu hotel di Ubud ya *I wish hehe…

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo