MALANG, Second Trip To East Java - Day 2

BATU - MALANG


Hari kedua di Malang sungguh hari yang sibuk. Satu hari pergi ke banyak tempat sekaligus. Mengawali hari dengan sarapan pagi di  alun-alun kota Batu. Wow rame sekali alun-alunya. Seluruh masyarakat sepertinya berkumpul disini tiap Minggu pagi. Tipikal masyarakat perkotaan yang menjadikan taman kota sebagai tempat beraktivitas di Minggu pagi. Beda dengan masyarakat pedesaan. Minggu pagi itu aktivitasnya mencuci baju, menyapu rumah dan halaman.


Sarapan pagi sambil leyeh-leyeh di depan alun-alun kota Batu itu rasanya seperti turis. Turis lokal sih haha.. Inilah kenapa aku suka banget jalan-jalan ke luar kota. Bisa menikmati kota/tempat yang baru beserta masyarakatnya itu rasanya sangat menyenangkan. Seperti mengalami kehidupan yang lain. Jauh dari rumah, jauh dari orang-orang yang kita kenal. Jauh dari masalah yang harus dihadapi sehari-hari. Seperti mimpi, seperti sedang nonton film. Sejenak lupa dengan masalah kita. Begitu bangun, begitu selesai nonton film, begitu pulang jalan-jalan, kembali lagi ke masalah kita. Well that's life. That's why we need vacation.

es jeruk mahal
Anyway, excited banget bisa lihat bianglala di alun-alun dari tempat makan. Sebelumnya sih pernah lihat bianglala ini di instagramnya Panji. Berhubung Panji orang Malang dan aku bukan, semacam pengen nyanyi "pergi ke kota mu..."


Kenikmatan sarapan pagi dengan pemandangan bianglala yang berputar pelan diganjar dengan harga makanan yang mahal. Nasi pecel sih standar 7ribu, sedang es jeruk segelas harganya 6ribu. Hiks, ini adalah es jeruk termahal yang pernah ku beli. Ya sudahlah, namanya juga lagi main. Satu lagi kelebihan pas lagi jalan-jalan terutama di luar kota yang jauh. Jadi lebih toleransi sama harga alias nggak pelit. Namanya juga lagi main, wajar dong boros. Sekali-kali boros, toh jalan-jalan ke luar kota kan jarang banget (really?). Eh itu kekurangan deh kayaknya bukan kelebihan.


Setelah makan, nyebrang ke alun-alun Batu. Kan sayang udah di depan mata kok nggak mampir. Alun-alunnya happening banget, ramenya. Ada yang habis jogging, sekedar nongkrong. Banyak anak muda nongkrong sama temannya. Banyak juga keluarga yang membawa anak-anaknya. Tempatnya memang bagus sih. Bagus banget malah menurutku disain tamannya. Ada patung apel sebagai landmark kota Batu. Banyak patung yang bikin anak-anak betah disana. Kursi yang disediakan pun banyak, jadi nyaman kalau hanya buat sekedar nongkrong di alun-alun. Dan juga bianglala buat yang ingin menikmati pemandangan kota Batu dari ketinggian.




Pengen jadi masyarakat kota Batu deh biar bisa menikmati taman ini tiap hari. Banyak bunganya, bagus deh. Bunga pancawarna banyak. Suka banget sama bunga itu. Bergerumbul, jadi bungannya kelihatan besar. Di taman ada tiang lampu, dan di tengah-tengah tiang dikasih pot tanaman. Yang ditanam di pot adalah strawberi. Mentang-mentang kota Batu itu udaranya dingin, berbuah lho buah strawberinya. Ya Allah, padahal bukan di kebun lho. Kok ya berbuah aja gitu. Bikin ngiri, pengen punya di halaman rumah.



TAMAN SELECTA

Setelah puas menikmati alun-alun, lanjut ke Taman Selecta. Dasar plan nya payah, kacau juga jadinya. Dari alun-alun udah agak siang, di tengah jalan ban motor bocor. Ya Allah, bayangkan di negeri antah berantah di kejar deadline tempat malah ban bocor. Nyari tempat tambal ban ada sih. Mungkin karena hari minggu, tambal ban nya tutup. Udah ketuk pintu nggak tau dimana tukang tambal bannya. Nunggu lama banget akhirnya datang juga tukang tambal ban. Pas lagi bengong, datang bapak-bapak nyebrang jalan nyamperin. Tanya lokasi kebun apel. Yaelah bapak kita mah bukan orang Malang. Eh si bapak plat mobilnya AB. Orang Jogja, tos kita pak wong Yojo hahaha... Si bapak nawarin kita buat nebeng mobilnya ikut dia. Mau mau mau... Eh enggak ding, maen sendiri lebih asyik. Sayonara pak, hati-hati di jalan.








Setelah bengong lama banget kurang lebih sejam (ya Tuhan sejam), lanjut juga kita ke menuju Taman Selecta. Sepanjang jalan matanya disuguhi pemandangan sedap. Penjual tanaman bunga di kanan-kiri jalan. Bunganya pun aneh-aneh dan bagus, yang nggak dijual di Jogja. Semakin dekat ke Taman Selecta, makin banyak rumah-rumah yang halaman rumahnya dijadikan kebun apel. Ternyata pohon apel itu kayak pohon jambu ya. Daunnya kecil-kecil gitu, mirip. Apelnya masih kecil-kecil tapi sudah memerah. Ihh imut-imut deh, gemes banget liatnya.






Sampai di Taman Selecta, ternyata rame banget. Dari pintu masuk ada beberapa kolam dengan ikan yang besar-besar dan berwarna-warni. Kayaknya ikannya udah tua banget deh, udah sepuh. Meskipun badannya besar tapi kayak ada kutilnya gitu. Hiii..






Taman bunganya ternyata nggak begitu besar. Bunga pancawarna dan bunga kana pohonnya tinggi-tinggi. Hampir tenggelam berdiri di sebelahnya. Asyik, seru banget buat foto-foto. Ada bunga merah sama ungu, bunganya kecil-kecil entah apa namanya. Cantik banget, foto bersama mereka aku jadi ikut cantik deh hehe..









Muter sekali, tambah rame tempatnya. Di Taman Selecta ternyata ada kolam renangnya juga. Pantesan rame banget, banyak anak-anaknya. Berhubung sudah siang, kita pun meninggalkan Taman Selecta








KUSUMA AGROWISATA

Gara-gara Jebraw Naya pergi ke Kusuma Agrowisata, aku jadi ikutan ngiler lihat kebun jambunya. Kusuma Agrowisata ini kayaknya happening banget. Ramenya... Banyak bus-bus pariwisata. Terlihat rombongan mahasiswa UGM, apal banget deh dari warna jas almamater ijo teleknya.


Dari tempat parkir menuju kebun kita melewati vila-vila yang penuh dengan tamu. Maklum pas musim liburan. Vilanya bagus banget, kecil dengan teras dan taman yang terlihat nyaman. Ya Allah, pengen jadi orang kaya. Biar kalau maen ke Malang nginepnya di vila itu. Eh tidak perlu jadi orang kaya, yang penting punya uang buat bisa jalan-jalan. Amin


Tempat ini ternyata masang jebakan betmen. Begitu sampai pintu masuk, ada tulisan masuk bayar 70ribu sekian atau 80ribu sekian. Fasilitas boleh memetik 2 apel 2 jambu, dan dapat 1 jus jambu. What? mahal amat. Cuma bisa metik 4 buah doang? oh no...


Dengan setengah kecewa karena nggak bisa gaya-gayaan di tengah kebun jambu kayak Naya, kita pun balik. Ya sudahlah, nanti cari tempat metik apel yang lain aja. Turun turun, kembali melanjutkan perjalanan




0 komentar:

Blogger Template by Clairvo