LESEHAN DI CANDI BARONG & RATU BOKO


Hari Jumat itu kan hari kumpulnya Geng Lesehan. Kali ini cuma sama Nias doang. Tanpa Tami, apalagi Titis. 


Aku sama Nias langsung ketemuan di JEC. Ada Pameran Jajanan Kekinian. Makanan-makanannya sih standar, yang agak aneh mungkin burger dan hotdog hitam yang tentu aja Nias beli. Padahal aneh, bikin geli hiiiii..... Nias kan emang spesialis beli makanan-makanan aneh 


Sudah cukup puas dan cukup bokek, keluar sholat dulu. Habis ini maen kemana ya? Sejenak berbingung ria, akhirnya diputuskan main ke candi Barong. Dimanakah letak candi Barong? Ternyata candi Barong letaknya berdekatan dengan candi Ratu Boko dan candi Banyunibo. Jaman kuliah pernah ke 2 candi ini plus candi Ijo yang letaknya lebih jauh. Kok ya candi Barong luput dari penglihatan ya? 


Ke candi Barong lewat jalan kecil di selatan rel kereta api, ke arah timur. Ternyata ada plang kecil bertuliskan candi Barong. Dan selama ini tidak pernah melihatnya, hadeh... Jalan ke candi Barong lumayan menanjak. Pemandangannya indah, gunung Merapi terlihat besar di sebelah utara.



Sampai di pertigaan kecil dengan plang candi Ratu Boko ke arah kanan, dan candi Barong ke arah kiri. Lho, ke Ratu Boko bisa lewat sini? Lanjut belok kiri, jalan semakin eksotik. Eksotik karena gersang haha...


Sampailah di candi Barong. Sepi benerrrrr, cuma aku sama Nias doang pengunjungnya. Baru saja laporan ke pos jaga, ada 2 mbak-mbak yang datang. Jadi empat deh pengunjungnya. Masuk ke candi Barong ini gratis, nggak ada biaya masuk. Kayak di candi Sambisari ya.


Candi Barong beda banget sama candi-candi yang lain. Candi Barong memiliki panggung yang luas dan tinggi. Ada 2 teras. Di teras paling atas gerbang dengan 2 candi kecil. Unik deh candinya. Candinya kecil tapi terasnya luas banget.


Sepi banget tempat ini. Cuma ada aku, Nias, sama mbak-mbak muda 2. Bukannya foto-foto selfie seperti layaknya orang-orang jaman sekarang, mereka malah mojok di pager. Ternyata ada yang lebih aneh dari Nias hahaha... Kemudian ada segerombolan anak-anak SMP yang heboh sebentar dan kembali sepi. Saking sepinya tempat ini, Nias sampai bisa klekaran berpose ala ikan duyung hahaha...


Dari sini bisa melihat candi Banyunibo yang ada dibawah. Dekat sekali ternyata letaknya, hanya atas bawah. Ngglundung nyampe deh. Tapi Candi Ijo tidak terlihat dari sini. Tinggi banget berarti ya Candi Ijo itu. Iyalah, jalannya aja seru. Sebelum balik kita menyempatkan mampir ke situs apa gitu lupa namanya di deket Candi Barong.
candi Banyunibo dari atas
Berhubung Nias belum pernah ke Candi Ratu Boko, selanjutnya kita mau ke Candi Ratu Boko. Males kembali ke jalan utama karena harus memutar jauh, jadinya kita lewat jalan kecil di pertigaan tadi. Wah asyik nih nemu jalan baru. Jalannya kecil dan berbelok-belok melewati tengah perkampungan Sepertinya ini nanti tembus di gerbang selatan Ratu Boko deket Candi Banyunibo.

maen salah kostum
Eh kok ada tulisan parkir di sebuah rumah. Kata mas-mas disitu udah mentok nggak bisa jalan lagi. Loh, jadi ini bukan di gerbang Candi Ratu Boko toh. Dimanakah ini? Ternyata ini jalan di sebelah gua-gua itu. Jalan belakang ternyata. Dan tidak ada petugas yang menarik biaya masuk. Widih, seneng-seneng khawatir.

candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko gersang banget. Nggak ada hijau-hijaunya. Terlihat lebih amburadul dibandingkan dulu. Mana panas banget lagi. Haduh haus banget. Akhirnya aku dan Nias malah leyeh-leyeh minum es degan. Segerrr... Minum-minum santai sambil ngobrol ngalor-ngidul. Saking asyiknya sampai nggak kerasa udah sore dan kita panik cepet-cepet balik. Dan melewatkan sunset di Candi Ratu Boko yang terkenal indah



2 komentar:

Blogger Template by Clairvo