Beautiful of Nature, Situ Patenggang


Entah kenapa tempat wisata yang indah-indah itu selalu terletak di pegunungan. Dan pasti jauh dari kota. Seperti Ciwedey, yang terletak di Bandung selatan. Yang paling terkenal tentu saja Kawah Putih yang udah ngiler dari jaman kuliah dulu. Kemarin piknik sekolah ke sini sih. Tapi ya nggak ikutlah hahaha... 


Perjalanan menuju Ciwedey ternyata lewat perempatan dengan patung sepatu besar. Kalau belok kiri ke Cibaduyut, hoo ternyata Cibaduyut jauh juga ya dari kota Bandung. Dulu mah naik bis jadi tau beres aja. Perjalanan ke Ciwedey kurang lebih 2 jam kalau nggak salah. Jalannya naik-naik ke puncak gunung. Mana sempit lagi. Jalan semacam mau ke Tawangmangu gitu deh.


Sepanjang jalan banyak banget kebun strawberry dengan konsep petik sendiri. Gemes lihat buah strawberry merah-merah gelantungan keluar media tanam. Tapi yang paling bikin ngiler itu pas lihat pohon murbei. Ada banyak pohon murbei di halaman rumah di sepanjang jalan. Sepertinya sih asal tumbuh karena satu rumah paling cuma da satu atau dua pohon saja. Dan berbuah banyak, tanda nggak pernah dipetik buahnya. Ya ampun ngiler banget lihatnya. Jaman-jaman SD kan maen ke sawah terus nyari murbei gitu. Manis-manis asem, enakkkkk. Sekarang pohon murbei udah jarang ada di tempat sendiri


Yang pertama nampak adalah Kawah Putih. Pintu gerbangnya aja sih, dengan dinding bertuliskan Kawah Putih besar. Dari jaman kuliah pengen banget kesini. Tapi berhubung pengalaman mengajarkan bahwa perut ini tidak berjodoh dengan segala macam tempat wisata dengan judul kawah, jadi kita cuma numpang lewat aja. Nanti deh kalau pengen ya baliknya mampir kesini.


Lanjut lagi. Tidak lama dikanan jalan nampak gerbang Ranca Upas. Ihhy, ini dia yang aku mau. Eits sabar, nanti kesini pas balik. Lanjut lagi. Jalan jadi lumayan sepi karena sebagian besar tujuannya ke Kawah Putih. Tidak lama kita melewati perkebunan teh Rancabali. Owww ini toh perkebunan teh Rancabali yang sering nongol di instragram itu. Perkebunan ini milik PTPN II kalau nggak salah ingat. Kata mbah gugel perkebunan teh terluas di Indonesia ada di Jawa Barat. Wew, nggak heran. Di Rancabali ini pohon tehnya aja udah luas banget gini.


Setelah melewati kebun teh yang nggak ada habisnya, sampailah di gerbang Situ Patenggang. Yeah, ini dia tujuan kita. Tiket masuk kok mahal ya. Padahal cuma lihat danau doang. Sampai bengong gitu sampai disana. Lah ini ternyata cuma lihat danau doang. Yang bagus malah pemandangan danau ini dari atas. Jadinya cuma muter bentar, beli strawberry. Strawberry ukurannya besar-besar banget, nggak kayak disini yang ukurannya kecil-kecil. Nggak asam banget lagi. Enak..

itu tuh batu cinta keliatan kecil itu
Habis beli strawberry ya udah langsung balik. Sebenarnya ada batu cinta entah apa itu, ditengah danau. Jadi harus nyewa perahu buat sampai di sana. Hmmmm... males ah. Balik aja. Sampai atas ya foto-foto lagi karena pemandnangan ke Situ Patenggang bagus dan hijau.

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo